Pramuka

Instagram : FOLLOW

SEJARAH PRAMUKA DI SMAN 1 BANGKALAN

Pramuka di SMAN 1 Bangkalan lahir di bulan Juli, dimana pada saat itu Bpk. Halim yang menjabat sebagai kepala sekolah SMAN 1 Bangkalan. Angkatan pertama untuk DA pada saat itu adalah Ibu Eka (dr. Eka) dimana anggota Danya diambil dari tiap kelas sebanyak 5 orang putra dan 5 orang putri. Pada saat iitu, ketua umumnya adalah Kak Andre (sekarang beliau adalah konsultan prudential). Pada waktu itu, DA pertama kali dilantik dilakukan di jembatan Bancaran. Pembina Pramuka pada saat itu adalah Kak Ahmad, Kak Ninik Djowartati, dan Kak Anwar.

Pada awal berdirinya, nama untuk Ambalan belum terbentuk. Dan pada saat itu untuk sakanya sendiri adalah Saka Taruna Bumi, karena saka Taruna Bumi cocok dengan kultur Smansaba yang suka dengan penelitian – penelitian. Diharapkan Pramuka SMANSABA mampu mengembangkan dunia pertanian, perikanan, dan peternakan melalui Saka Taruna Bumi dan melakukan penelitian – penelitian lapangan. Saat itu, Pramuka SMANSABA memiliki anggota berjumlah ± 100 orang. Saat itu , Pramuka SMANSABA juga pernah mengikuti beberapa lomba diantaranya Umbra, Its, dll.

Prestasi – prestasinya pada saat itu adalah :

  1. Mengikuti Jamnas pada tahun 1966 yang terdiri dari 20 orang perwakilan dari Bangkalan dan semua peserta itu terpilih dari siswa SMANSABA
  2. Mengikuti kegiatan penghijauan nasional mewakili Jawa Timur ke Kalimantan dengan mengirim 1 orang siswa SMANSABA
  3. Mewakili Jawa Timur pramuka dunia di Lebak Harjo, Malang dengan mengirim 1 orang siswa SMANSABA yaitu Kak Dini
  4. Mewakili Raimuna Jawa Timur di pantai Teleng Ria, Pacitan mewakili Bangkalan dengan mengirim 10 orang Putra dan 10 orang putri dengan biaya mandiri karena pada saat itu orang tua sangat mendukung.

Pada tahun 2013, dimana pembina Pramukanya adalah Kak Luluk dan Kak Catur, Dewan Ambalan Pramuka SMANSABA sudah memiliki nama yaitu Ambalan Raden Segoro – Putri Bendoro Gung, termasuk juga telah ada adat – adat ambalan, visi dan misi, pusaka adat, dan apa – apa saja yang memang seharusnya dimiliki oleh sebuah ambalan. Pada saat itu juga, saka di SMANSABA mengalami perkembangan, tidak hanya saka Taruna Bumi tetapi juga saka Wirakartika, dan sampai saat ini perkembangan saka di Pramuka SMANSABA terus meningkat. Pada tahun 2015, pembina pramuka di SMANSABA bertambah menjadi 3 orang yaitu Kak Luluk, Kak Catur, dan Kak Sui.